masjid-ala-stasiun_20170601_210358
Berita Jogja

Unik, Masjid Al Ikhlas Patukan di Gamping Sleman Ini Disetting Layaknya Sebuah Stasiun Kereta

Stasiun memiliki masjid atau mushala itu sudah biasa, namun apa jadinya bila ada masjid yang bentuknya seperti stasiun?

Itulah yang ditampilkan oleh Masjid Al-Ikhlas Patukan di daerah Patukan, Gamping, Sleman.

Dalam rangka ,emeriahkan Ramadan 1438 H tahun ini, masjid ini khusus dihias layaknya sebuah stasiun.

Ketika jam menunjukkan pukul 16.00, menara masjid mengumandangkan sesuatu yang berbeda.

Nada melodi seperti yang diperdengarkan di stasiun kereta api lantang keluar dari pengeras suara masjid dan tidak lama kemudian terdengar pengumuman.

“Mohon perhatian, sesaat lagi pasar peron masjid Al Ikhlas Patukan segera dimulai. Bagi para penumpang yang sudah memiliki tiket diharapkan segera berkumpul,” demikian bunyi pengumuman tersebut.

Anak-anak dari sekeliling masjid pun segera berdatangan. Sebelum kegiatan TPA, mereka menyempatkan diri bermain-main di lokomotif uap yang terbuat dari kayu yang ada di halaman masjid.

Takmir masjid Al-Ikhlas, Riza Purnawan mengatakan, masjid Al-Ikhlas memang memiliki cara unik untuk memeriahkan Ramadan. Hal ini sudah berlangsung sejak 7 tahun lalu.

“Namun baru dua tahun belakangan ini benar-benar fokus dihias seperti stasiun. Selain nada untuk memanggil jemaah, ada pula model lokomotif uap di halaman masjid. Rencananya loko itu akan dipakai untuk takbir nantinya,” kata Riza.

Riza mengungkapkan, ada proses panjang sebelum akhirnya masjid Al-Ikhlas menerapkan konsep stasiun ini. Sebelumnya, takmir masjid sempat berkunjung ke Masjid Jogokaryan yang terkenal dengan Kampung Ramadannya.

“Dicari juga konsep yang sesuai di sini agar ada nuansa yang unik yang membuat orang tertarik dan bersemangat. Kemudian terpikir kalau dekat sini ada Stasiun Patukan. Akhirnya dicoba menerapkan konsep ini,” katanya.

Sebelum menerapkan konsep ini, para takmir masjid Al Ikhlas berkonsultasi dengan PT KAI dalam hal ini petugas stasiun. Hal ini dilakukan agar konsep yang diusung bisa bermanfaat untuk kedua belah pihak.

Baca Lengkapnya :

tribunnews.com

Post Comment


7 + 1 =