bakso-degan-370x208
Kuliner & Wisata

Unik, Bakso Degan Serba Ikan, Bagaimana Rasanya?

Bakso Ikan Degan menjadi kuliner yang cukup menarik perhatian para pecinta kuliner. Menu yang terbilang anyar di kota Jogja juga sebagai satu-satunya warung yang dibuka di Jalan Sugeng Jeroni 62 Bugisan, Jogja.

Adriana Esti Widyawati, salah satu pemilik Warung Berkah, yakni warung yang menyajikan kuliner unik Bakso Ikan Degan sejak 12 Desember 2016 silam. Kuliner ini kian mendapat respon positif di kalangan masyarakat jogja. Inspirasi menciptakan keunikan kuliner Bakso Ikan Degan diakui perempuan yang akrab disapa Wiwik ini didapat sejak Maret 2016 lalu. Kuliner aneh dan cukup unik terinspirasi dari salah satu resto hotel di Pelabuhan Ratu bersama tiga orang temannya.

Percobaan demi percobaan dilakukan untuk membuat formula yang istimewa untuk resep masakannya itu agar tak beraroma amis, dan bagaimana membuat kuah yang tetap segar tidak mengental seperti santan. Guna menjaga kualitas bakso ikan kakap yang digunakan dalam setiap menu merupakan produk premium didatangkan langsung dari Sidoharjo, Jawa Timur.  Dari bulan Maret 2016 sampai akhirnya ia berani untuk membuka Warung Berkah setelah seorang Chef dari sebuah restoran di Jogja iku menyicipi dan mengatakan Bakso Ikan Degan layak jual.

“Cara penyajiannya pun harus melalui sejumlah tahapan, agar kuah bakso tetap segar,” kata Wiwik, beberapa waktu lalu.

Pertama, air kelapa segar dituangkan dengan campuran sedikit air kemudian dicampur dengan racikan bumbu istimewa miliknya. Racikan kuah bakso tersebut selanjutnya dimasak kemudian diolah dengan bakso ikan. Air kelapa baru dibuka setiap kali pesanan datang, sehingga tetap fresh.

Menu kuliner Bakso Ikan Degan yang cukup unik ini pun disajikan dalam wadah yang unik pula, yakni dalam mangkok yang berasal dari buah kelapa asli. Kuah bakso yang merupakan air kelapa murni, dipadukan dengan mie yang merupakan serutan daging kelapa menghasilkan rasa gurih dan pas di lidah.

Warung Berkah mulai buka dari pukul 11.00 hingga 19.00 WIB, menyajikan sejumlah menu diantaranya bakso ikan degan dengan kisaran harga Rp15.000 sampai Rp20.000. Bakso pun dapat ditentukan konsumen meliputi Baso ikan, udang, cumi, seafood+ Tofu. Sementara untuk minuman tersedia Es Kacang Merah, Es Degan Utuh, Es Degan Mangkok, Es Jeruk dan Es Teh mulai harga Rp 3.000 hingga Rp 10.000.

Baca Lengkapnya :

harianjogja.com

Post Comment


2 + 5 =