Pantai Ngrenehan
Kuliner & Wisata

Tak Hanya Wisata, Pantai Ngrenehan Juga Tawarkan Kuliner Seafood

Berbicara wisata di Kabupaten Gunungkidul seakan tidak ada habisnya. Kabupaten ini dianugerahi bentang alam yang begitu beragam dan indah, dan wiisata pantai adalah salah satu andalannya. Karena posisinya yang berhadapan langsung dengan Samudra Hindia sehingga Gunungkidul memiliki begitu banyak pantai dengan karakteristik, keindahan, dan keunikan masing-masing. Dari sekian banyak pantai indah yang ada, Ngrenehan adalah satu diantara yang tidak boleh dilewatkan. Berada di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, pantai ini berada kurang lebih 50 kilometer dari pusat kota Yogyakarta.
Seperti kebanyakan pantai di Gunungkidul, Ngrenehan memiliki pasir berwarna putih. Lokasinya sendiri berada di sebuah teluk, diapit perbukitan kapur yang menjulang tinggi. Lokasinya yang berada di teluk, ombak Samudra Hindia yang sampai di bibir pantai relatif kecil sehingga aman bagi pengunjung untuk bermain air.

Air laut yang jernih, serta pasir berwarna putih yang juga cukup bersih membuat siapa pun betah bermain air di pantai ini. Memiliki karakteristik yang tenang, pantai Ngrenehan juga dijadikan lokasi bersandarnya kapal nelayan. Kegiatan nelayan selepas atau sebelum melaut juga menjadi hal menarik lainnya yang bisa disaksikan oleh pengunjung.

Dibanding dengan beberapa pantai di Gunungkidul lainnya, seperti Sadranan, Baron, atau Pulangsawal, Ngrenehan relatif lebih sepi. Jadi pantai ini sangat cocok bagi mereka yang ingin berwisata dan mencari ketenangan. Menjadi lokasi bersandarnya kapal nelayan, pengunjung bisa membeli beragam jenis ikan segar hasil tangkapan nelayan di pantai Ngrenehan.

Jika tidak ingin repot-repot mengolah berbagai jenis hasil tangkapan nelayan tersebut, di pantai ini terdapat beberapa warung makan yang menyediakan beragam olahan makanan laut segar. Karsilah, satu diantara pemilik warung makan di Ngrenehan mengatakan, terdapat sembilan warung makan di pantai ini yang setiap harinya siap melayani pengunjung.

“Kami menyediakan beragam olahan seafood, mulai dari cumi, udang, kerang, lobster, dan beragam jenis ikan laut,” jelas pemilik warung makan yang diberi nama sesuai dengan namanya tersebut. Beberapa menu yang banyak dicari pengunjung adalah cumi balado, ikan jambal bakar pedas dan manis, cumi atau udang crispy, dan beberapa menu lainnya.

Untuk olahan cumi balado, daging cumi segar yang telah dicuci bersih dimasak dengan beragam bumbu rempah, seperti ketumbar, merica, cabai merah, bawang merah, bawang putih, kuniyt, serai, dan gula jawa. Setelah dimasak, menu ini memiliki tampilan yang begitu menggugah selera, yakni dengan bumbu yang kental dan berwarna kekuningan. Mencicipi masakan ini, rasa bumbu yang begitu kuat dengan citarasa pedas serta gurih akan langsung terasa. Daging cumi yang empuk semakin membuat hidangan satu ini begitu mantap.

Cumi yang digoreng dengan tepung hingga crispy juga tidak kalah mantap. Selain itu, ikan jambal yang memiliki daging cukup tebal dan gurih, begitu pas diolah dengan cara dibakar dengan bumbu bercitarasa manis. Untuk bumbu bakarnya, Karsilah menggunakan beberapa jenis bumbu dapur yakni merica, bawang putih, jahe, gula jawa, dan kecap. “Kami juga memiliki menu ikan laut yang ditumis dengan cabai hijau. Beragam jenis ikan laut bisa dimasak dengan cara ini,” jelas Karsilah.
Menemani beragam olahan seafood tersebut juga tersedia tumis kangkung dan beberapa jenis sambal yang tentunya akan menambah selera makan.
Selain seafood yang selalu segar, harganya yang murah membuat pantai Ngrenehan lokasi yang wajib dikunjungi bagi mereka penggemar seafood.
Untuk masuk kawasan pantai Ngrenehan, setiap pengunjung dikenakan retribusi sebesar Rp.5 ribu.

Dengan membayar biaya masuk yang cukup terjangkau tersebut, wisatawan juga bisa mengunjungi pantai Ngobaran dan Nguyahan yang lokasinya saling berdekatan.

Baca Lengkapnya :

tribunnews.com

Post Comment


9 + 6 =