hoax%20sultan
Berita Jogja

Sultan Laporkan Portal Berita Hoax ke Polda DIY

Gubernur DIY yang juga Raja Kraton Yogyakarta Sri Sultan HB X langsung bereaksi setelah mendapati berita hoax tentang dirinya di salah satu portal abal-abal. Sultan berniat melaporkan portal berita hoax tersebut ke Mapolda DIY Rabu (19/4/2017) siang ini pukul 14.00 WIB.

Ditemui wartawan di Kompleks Kepatihan, Sultan menyampaikan kekecewaanya lantaran muncul berita hoax yang dinilai sangat merugikan beliau. Pasalnya dalam berita tersebut disebutkan bahwa Sultan menyampaikan ujaran sara yang padahal tak pernah diucapkan sama sekali.

“Saya jam 2 siang mau ke kepolisian, melaporkan. Itu semua tidak betul karena saya tak pernah diwawancarai seperti itu, makannya hari ini saya mau ke polisi,” tegas Sultan.

Dalam sebuah portal yang bernama metronews.tk tertulis judul “Sri Sultan Hamengkubuwono : Maaf Bukan Sara, Tapi Cina dan Keturunannya Tidak Pantas Jadi Pemimpin di Bumi Nusantara. Fakta Sejarah, Tionghoa Adalah Satu-Satunya Penghianat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)”. Dalam berita yang ternyata ada kutipan kalimat Hamengkubuwono IX yang konteksnya menjelaskan tahta untuk rakyat dahulu.

Namun, foto Sultan HB X terpasang di berita tersebut sehingga membuat konteks menjadi berbeda dan multi tafsir. Dalam keterangan, berita ditulis oleh Rosa Linda dan diupload pukul 20.45 WIB.

Baca Lengkapnya :

krjogja.com

Post Comment


4 + 6 =