Kuliner & Wisata

Segarnya Es Tradisional Untuk Berbuka Puasa

Bulan Ramadan adalah bulan penuh kenikmatan bagi umat Islam yang menjalankannya. Nikmat iman dan takwa berjalan berdampingan dengan indahnya kebersamaan serta lezatnya penganan yang disantap saat berbuka puasa.

Salah satu pilihan klasik masyarakat Indonesia saat berbuka puasa adalah jajaran jajanan es tradisional yang menggugah selera. Apa saja?

1. Es Pisang Ijo

Berasal dari resep tradisional khas Makassar, Sulawesi Selatan, es ini terdiri dari dua elemen penting, yakni pisang yang dibalut oleh tepung berwarna hijau, dan bubur sumsum. Paduan kedua bahan utama itu diberi aksen susu, sirup dan diakhiri dengan es serut yang menyegarkan.

2. Es Kacang Merah

Di Indonesia, ada banyak sumber yang merujuk Sumatera Selatan dan Sulawesi Utara sebagai sumber datangnya es kacang merah. Apapun kebenarannya, menurut kami es kacang merah telah menjadi kekayaan kuliner Indonesia. Es ini secara sederhana menyajikan kacang merah dicampur es serut yang disiram pilihan saus coklat, sirup bahkan durian untuk meningkatkan pesonanya. Anda bisa merasakan nikmatnya kacang merah yang lembut dan seolah pecah di dalam mulut, berpadu dengan gurih dan manisnya perpaduan durian serta saus coklat.

3. Es Teler

Paduan buah alpukat, kelapa muda, nangka, ditambahkan dengan sirup, susu kental manis serta es serut akan menyegarkan dahaga yang mendera setelah berpuasa sepanjang pagi hingga jelang terbenamnya mentari.

4. Es Podeng

Es podeng tidak bisa disebut sebagai es yang sederhana. Kompleksitas rasa dan aromanya berasal dari beragam bahan, mulai dari potongan alpukat, roti, serta renyahnya kacang goreng dan manisnya meses yang ditaburkan di atas es serut untuk kesegaran maksimal.

5. Es Campur

Es dicampur dengan kelapa, nanas, nangka singkong salak, alpukat, biji selasih dan ditambahkan cincau serta gula jawa, menjadi jaminan kesegaran dan kenikmatan es campur.

Post Comment


7 + 7 =