padusan-pantai-gunungkidul-370x247
Kuliner & Wisata

Objek Wisata Gunungkidul Ramai Wisatawan, Pantai Jadi Idola

Libur panjang akhir pekan selama tiga hari terakhir berdampak positif. Pemerintah Kabupaten Gunungkidul memperoleh pendapatan retribusi wisata sebanyak Rp572 juta. Tercatat puluhan ribu wisatawan memadati sejumlah objek wisata selama libur panjang akhir pekan kemarin.

Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul, Hary Sukmono mengatakan  sebanyak 64.968 wisatawan mengunjungi sejumlah objek wisata di Gunungkidul selama libur panjang akhir pekan tiga hari terakhir. Pendapatan yang didapatkan pun lebih besar dari pada libur panjang dua pekan lalu.

Jumlah kunjungan masih didominasi oleh wisata pantai yang mencapai 80% dari total kunjungan. Sementara sisanya sebesar 20% berasal dari obyek wisata Gunung Api Purba Nglanggeran, dan obyek wisata minat khusus seperti Gua Pindul.

“Total selama libur tiga hari, kami mendapatkan Rp572,8 juta dari retribusi di sejumlah objek wisata,” kata dia, Senin (24/4/2017).

Menurut Hary, jumlah wisatawan paling banyak di kawasan pantai, mulai dari Pantai Baron, Kukup, Karakal, dan Pulang Sawal atau yang lebih dikenal dengan Pantai Indrayanti. Tercatat pada hari Senin (24/4/2017) ada 16.024 wisatawan dengan total pendapatan Rp154 juta dari seluruh objek wisata. Sementara kunjungan terbanyak terjadi pada Minggu (23/4/2017), yaitu sekitar 44.000 wisatawan.

Dia menambahkan jumlah kunjungan dan pendapatan yang diperoleh itu jauh melebihi target. Pasalnya pihaknya hanya menargetkan 50.000 pengunjung pada libur panjang ahir pekan ini. “Melebihi target karena sekarang malah 60.000 lebih wisatawan yang datang,” ujarnya.

Baca Lengkapnya :

harianjogja.com

Post Comment


2 + 5 =