hutan-pinus-kalilo1_20170701_213728
Kuliner & Wisata

Menikmati Sejuknya Nuansa Hutan Pinus Kalilo

Wisata hutan pinus kini mulai banyak muncul di sejumlah wilayah di Daerah Istimewa Yogyakarta, terutama di daerah Bantul dan sekitarnya.

Namun tahukah kamu bahwa di perbatasan Kulonprogo dan Purworejo juga mempunyai tempat wisata hutan Pinus yang asri dan tak kalah menawan yang bernama Hutan Pinus Kalilo.

Terletak di Dusun Kalilo, Telogoguo, Kali Gesing Purworejo, Hutan Pinus Kalilo menjadi altetnatif wisata alam lainnya yang dapat anda kunjungi.

Hutan pinus tersebut sebenarnya sudah dibuka pada awal 2017 ini, namun baru dikelola dengan baik sekitar 5 bulan terakhir. Awalnya pengelola membuka akses jalan menuju hutan pinus, lalu karang taruna mulai membuka tempat tersebut sebagai kawasan wisata.

Karang taruna yang aktif mengelola hutan pinus Kalilo, awalnya juga belum yakin jika kawasan tersebut akan ramai pengunjung, namun seiring berjalannya waktu mereka semakin semangat mengembangkan tempat tersebut karena pengunjung mulai berdatangan ke hutan pinus yang mereka kelola.

Nama kawasan ini sengaja diberi nama Hutan Pinus Kalilo, agar nama desa tersebut juga bisa dikenal masyarakat.

Memasuki lokasi Hutan Pinus Kalilo, anda bisa menikmati udara sejuk di bawah rindangnya pepohonan Pinus yang berjajar rapi. Sejuknya udara di lereng pegunungan bisa anda nikmati di pagi hari. Kicauan burung di pagi hari serta keramahan penduduk sekitar menjadi daya tarik tersendiri ketika mengunjungi hutan pinus ini.

Karena terletak di ketinggian, kemegahan jajaran bukit menoreh yang hijau sejauh mata memandang nampak megah. Batuan-batuan besar di sisi atas hutan pinus pun menjadi spot selfie favorit bagi para pengunjung.

Deretan pepohonan pinus yang rapi di hutan ini terdiri dari dua jenis pohon pinus, yaitu pinus Merkusi dengan dua sampai tiga daun pada tiap rantingnya, serta pinus Orkava dengan lima daun pada setiap rantingnya.

Sampai saat ini tiket masuk ke lokasi hutan pinus Kalilo tersebut masih dipungut biaya sukarela. sedangkan untuk biaya parkir kendraan roda dua sebesar Rp. 2000.

Untuk menuju ke Hutan Pinus Kalilo, dari kota Yogyakarta , anda bisa melalui jalan Godean menuju kebarat arah Kulonprogo. Lalu hingga sampai Perempatan Kenteng masih lurus terus, hingga ke Goa Kiskendo.

Dari situ anda lurus ke arah barat kurang lebih 1,7 KM dan ikuti saja papan penunjuk jalan menuju hutan pinus Kalilo.

Baca Lengkapnya :

tribunnews.com

Post Comment


9 + 3 =