180612_SOLO_HINIAN-LIAR2-370x246
Ekonomi

KEMISKINAN SLEMAN : Proses Pembangunan Wilayah Kumuh Adopsi Penunjukan Langsung & Lelang

Dari 45 wilayah kumuh yang berhasil diidentifikasi, tahun ini baru 14 wilayah yang akan dipercantik oleh Pemkab. Sedikitnya, Pemkab Sleman menggelontorkan dana Rp11 miliar.

Kasi Perumahan Formal DPUP-KP Sleman M.”Kelik” Nurrochmawardi menyampaikan saat ini sedang dilakukan proses lelang untuk pengerjaan proyek tersebut. Dari 14 paket tersebut, dua paket dilakukan penunjukan langsung dan sisanya dilelang.

“Ada satu wilayah yang dialihkan penggunaan dananya, bukan untuk sarana dan prasarana lingkungan tetapi pada rumah per rumah,” jelasnya, Rabu (19/7/2017).

Keempat belas wilayah kumuh yang dipugar tahun ini, meliputi Desa Caturtunggal di Dusun Janti dengan anggaran APBD (Rp500juta), Karangmalang (Rp500 juta) dan Mrican (Rp2 milyar).

Di Condongcatur, terdiri dari Dusun Dabag (Rp600 juta), Ngrokoh 1 (Rp2,3m), Ngrokoh 2 (Rp500 juta), Soropadan (Rp500 juta), dan Kaliwaru (Rp1,5 m).

Lebih lanjut, Sendangsari berada di Jatirejo (Rp500 juta) dan Tirtoadi penataan kawasan kumuh di Rajek Lor dan Rajek Wetan masing-masing Rp500 juta.

Adapun di Kawanglau Tlogoadi dan Candi Sardonoharjo masing-masing dianggarkan Rp200 juta. Terakhir kawasan kumuh yang ditata berada di Jongkang Sariharjo dengan anggaran Rp500 juta. “Semua anggaran yang dikucurkan itu sesuai dengan kebutuhan warga,” kata Kelik.

Menurut Kelik, penataan kawasan kumuh dikerjakan berdasaran rencana penataan pemukiman (RPP) yang dihimpun dari warga pada 2015 lalu. Mulai dari penataan jalan, saluran drainase, pembuangan limbah, sarana dan prasarana lingkungan lain hingga penyediaan jaringan hydran kering (untuk kebakaran).

Hasil dari RPP (rembuk warga) tersebut kemudian dibuatkan DED (detail engeneering design) pada 2016. Eksekusinya, kata Kelik, baru bisa dilakukan tahun ini.

“Jadi proses penataannya sudah dilakukan sejak dua tahun lalu. Kebutuhan antar wilayah berbeda-beda sesuai RPP,” tandasnya.

Baca Lengkapnya :

harianjogja.com

Post Comment


7 + 9 =