ini-waktu-terbaik-terburuk-untuk-mudik-lebaran-VTD
Berita Jogja

Ini Waktu Terbaik & Terburuk untuk Mudik Lebaran

Dalam rangka menyambut mudik dan Lebaran, aplikasi perjalanan Waze merilis survei yang menunjukkan waktu terbaik dan terburuk untuk mudik di musim liburan. Hasil dari survei menunjukkan bahwa Selasa adalah hari terbaik untuk mengemudi (27% lebih sedikit pengemudi), sedangkan Senin adalah hari terburuk untuk mengemudi (21% lebih banyak pengemudi).

Survei yang dirilis oleh Waze menghasilkan analisa kemacetan lalu lintas di Indonesia dengan menggunakan informasi yang dimasukkan Wazers ke dalam aplikasi pada bulan Ramadan tahun lalu. Untuk mendapatkan data dan temuan yang sebanding, Waze merekam data dari empat minggu sebelum dan empat minggu sesudah Lebaran.

Berikut adalah waktu terbaik dan terburuk untuk mudik Lebaran:
1. Waktu terbaik untuk bepergian
a. Jumlah pengemudi di hari Selasa 27% lebih sedikit di bandingkan biasanya, dan hal ini berlaku sepanjang hari.
b. Jumlah pengemudi di hari Sabtu 16% lebih sedikit di bandingkan biasanya, tapi hal ini hanya berlaku untuk bepergian sebelum pukul 12 siang.

2. Waktu terburuk untuk bepergian
a. Jumlah pengemudi di hari Minggu 16% lebih banyak, mulai pukul 10pagi hingga 22 petang.
b. Jumlah pengemudi di hari Senin 21% lebih banyak, namun hanya bertahan selama empat jam, dari pukul 10 pagi hingga pukul 2 siang.

3. Temuan lain yang didapat
a. Notifikasi gangguan perjalanan meningkat sebesar 65%
b. Tingkat kecelakaan saat Ramadan meningkat sebesar 80%
c. Kemacetan lalu lintas meningkat sebesar 64%
d. Jumlah polisi di jalanan berkurang sebesar 19%

Ketika musim libur, jam sibuk ternyata dimulai lebih awal (sekitar pukul 10 pagi, dimana biasanya dimulai pukul 12 siang). Tingkat lalu lintas di beberapa kota di Indonesia juga meningkat, seperti; Bandung, Cirebon, Denpasar, Malang, Semarang, Surakarta, dan Yogyakarta. Biasanya volume lalu lintas mulai meningkat sehari sebelum mudik Lebaran.

Baca Lengkapnya :

sindonews.com

Post Comment


2 + 5 =