51f310bc-ae46-4fda-a753-197b2714ac9c_169
Berita Jogja Bisnis

Gelapkan Uang Pelanggan, Pemilik Biro STNK di Yogya Dibekuk Polisi

Sebuah Biro Jasa yang melayani perpanjangan STNK, Mutasi, SIM, Uji Kir, hingga KTP terbukti menggelapkan uang pelanggannya. Biro Jasa tersebut adalah Biro Jasa ALEX yang beroperasi di depan Samsat Kota Yogyakarta di jalan Tentara Pelajar Yogyakarta.

Ratusan korban yang dirugikan oleh Biro Jasa ALEX ini kemudian melaporkan ke Polisi. Pemilki Biro Jasa Alex, Sukadarmanto (35) akhirnya ditangkap polisi. Polisi juga menggeledah kantor Biro Jasa ALEX yang terletak di depan Samsat Kodya Yogyakarta.

Kasat Reskrim Kompol Mohammad Kasim Akbar Bantilan, mengatakan dari penangkapan polisi mengamankan barang bukti berupa BPKB dan STNK asli, dan surat-surat kendaraan milik dari pengguna jasa Biro Jasa Alex. Korban yang telah melapor sampai saat ini mencapai 122 orang. Biro Jasa ALEX sudah beroperasi sejak tahun 2007 tetapi mulai bermasalah 2 tahun terakhir.

“Untuk biaya yang diminta besaranya bervariasi. Biro Jasa ini melayani banyak seperti perpanjangan STNK, SIM, mutasi, uji KIR, juga melayani ganti KTP ke e KTP,” kata Kasim Akbar Bantilan di Polresta Yogyakarta, Jumat (25/8/2017).

Biaya yang dikenakan ke pengguna jasa Biro Jasa ALEX ini berbeda-beda sesuai jenis layananya. Tetapi semua uang yang telah dibayarkan ini digelapkan akibatnya pelayanan pengguna jasa tidak terselesaikan. Karena uang sudah dibayarkan dan pengurusanya tidak pernah selesai, para korban kemudian melaporkan ke polisi.

“Biro Jasa sudah tutup habis Lebaran kemarin, dan saat itu mulai banyak korban yang mencari-carinya,” katanya.

Polisi menduga masih banyak korban yang belum melapor, sehingga jika ada masyarakat yang merasa dirugikan Biro Jasa ALEX ini untuk melapor ke polisi. Dalam kasus ini tersangka dijerat dengan pasal 372 KUHP tentang penipuan dan penggelapan dengan ancaman 4 tahun penjara.

Baca Lengkapnya :

detik.com

Post Comment


1 + 6 =