umbar
Event Kuliner & Wisata

FKY 29 Terpusat di Bantul, Suguhkan ‘Umbar Mak Byarr’

Bertajuk Umbar dan sub judul Mak Byarr, Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) 29 tahun ini bakal dihelat mulai tanggal 27 Juli hingga 13 Agustus 2017 di Planet Pyramid, Jalan Parangtritis Km. 5.5, Sewon, Bantul.

Gelaran FKY kali ini mengedepankan persepsi artistik yang berbeda, sekaligus ingin melihat perkembangan potensi tempat baru.  Tema besar Umbar diambil dengan harapan supaya FKY 29 menjadi ruang festival di mana anggota masyarakat bisa sejenak melepas kepenatan sekaligus memperoleh kesegaran baru. FKY 29 juga dirancang sebagai ruang kebudayaan yang diharapkan mampu memicu kreatifitas khas dan unik saat orang bermain-main di dalamnya.

“Dari tahun ke tahun FKY selalu mengkolaborasikan berbagai hal, dan di tempat baru ini FKY diharapkan memicu kreativitas baru,” ungkap  Direktur Bagian Umum FKY 29 Setyo Harwanto.

Menurut Setyo FKY 29 sedianya diperlakukan sebagai ruang apresiasi sekaligus wadah untuk menemukan tradisi yang khas di dalam ekosistem kesenian di Yogyakarta. Opsi menggeser ruang festival ke daerah selatan Yogyakarta, FKY kali ini berusaha mendekati produsen seni kreatif yang selama ini banyak  berada di Bantul.

“FKY 29 bukan semata-mata ruang untuk bertransaksi, tetapi juga ruang presentasi. Dan di Planet Pyramid ini salah satu lokasi tepat untuk meleburkan pasar dengan nilai budaya,” sambung Roby Setiawan, Direktur Seni dan Kreatif sekaligus Ketua Umum FKY 29.

Baca Lengkapnya :

krjogja.com

Post Comment


8 + 7 =