sad14
Berita Jogja Kesehatan

Di Kulonprogo, Banjararum Pelopor Desa Sadar Jamsos Ketenagakerjaan

Desa Banjararum Kecamatan Kalibawang resmi menjadi pelopor Desa Sadar Jaminan Sosial (Jamsos) Tenaga Kerja, setelah ditandatanganinya memorandum of understanding (MoU) atau nota kesepahaman antara BPJS Ketenagakerjaan, Senin (14/08/2017). Pihak BPJS Ketenagakerjaan oleh Kepala Kantor Cabang DI Yogyakarta, Ainul Kholid dan Desa Banjararum diwakili Sekretaris Desa (Sekdes) Sunaryo SH.

Dikatakan Sekdes Banjararum Sunaryo SH, pihaknya  menyambut baik adanya program BPJS Ketenagakerjaan. “Karena, dengan program BPJSTK ini akan memberikan jaminan perlindungan, tidak hanya bagi masyarakat di daerah, namun perangkat kami juga sudah terdaftar ke dalam 4 program BPJS Ketenagakerjaan,” tuturnya sembari menyatakan dirinya mendukung program ini masuk ke daerahnya, karena masih banyak pekerja, petani dan maupun buruh industri batu yang belum terlindungi program jaminan sosial ketenagekerjaan.

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang DI Yogyakarta Ainul Kholid mengungkapkan, Gerakan “Desa Sadar Jaminan Sosial” adalah salah satu program BPJS Ketenagakerjaan yang  tengah digalakkan di tiap kabupaten. “Desa Banjararum, Mangunan,  Condongcatur dan Bejiharjo sudah kita resmikan sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan yang ada di DI Yogyakarta. Setelah ini, 4 desa itu akan mengikuti lomba di tingkat nasional, maka mulai sekarang akan melakukan sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan kepada masyarakatnya,” jelas Ainul.

Ainul menegaskan, hal utama dalam pembentukan Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan bukan terletak pada lombanya. Tapi bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya jaminan sosial, khususnya di lingkungan masyarakat dan pemerintahan.

Sofia Nur Hidayati Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kulonprogo turut menambahkan, Desa Banjararum  diharapkan dapat dijadikan percontohan bagi desa lainnya, dimana seluruh pekerja di desa terlindungi Jaminan Sosial melalui Program Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Hari Tua, Jaminan Kematian dan Jaminan Pensiun. “Masyarakat luas semakin paham  betapa pentingnya perlindungan sosial ketenagakerjaan dalam melakukan kegiatan ekonomi,” ujarnya.

Baca Lengkapnya :

krjogja.com

Post Comment


9 + 1 =