DESAWIS2
Berita Jogja Kuliner & Wisata

Banjaroya Juara II Lomba Desa Wisata Tingkat DIY

Tim juri Lomba Desa/ Kampung Wisata tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menetapkan Desa Wisata Kaki Langit, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul sebagai Juara I dalam Lomba Desa Wisata Tingkat DIY. Juara II diraih Desa Wisata Banjaroya, Kecamatan Kaliwabang, Kulonprogo disusul Pencoh, Desa Girikerto, Kecamatan Turi, Sleman sebagai Juara III.

Sedangkan juara harapan I, Pandean, Desa Pandean, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta. Juara harapan II, Bleberan, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Gunung Kidul serta juara harapan III, Purwosari, Desa Purwosari, Kecamatan Girimulyo, Kulonprogo.

Terdapat delapan unsur penilaian yang digunakan tim, diantaranya pengelolaan. Pengelolaan desa wisata harus dilakukan masyarakat bukan insvestor atau orang lain. Pengembangan harus memberikan kontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat dan peningkatan lingkungan hidup.

Seperti di Banjaroya, masyarakat tidak hanya menjaga namunjuga berupaya meningkatkan kualitas lingkungan hidup dengan membuat embung yang bisa menginisiasi pohon di sekitarnya sehingga tumbuh subur sekaligus mempercantik desa.

Ditambahkan, interaksi masyarakat dengan wisatawan pun harus berjalan baik. Pemandu wisata memiliki peran strategis dalam memberikan pemahaman kepada wisatawan. Pemandu dituntut paham, tidak hanya mampu menjelaskan apa yang terlihat saja tapi juga harus bisa menjelaskan yang tidak terlihat seperti sejarah terwujudnya desa wisata.

Kualitas makanan dan minuman yang diproduksi masyarakat juga harus khas dan sehat. Kualitas akomodiasi atau home stay juga harus diperhatikan. Kondisi toilet  harus bersih, kering dan wangi. Pemilik rumah juga harus bisa memberikan pelayanan terbaik kepada para tamu.

Baca Lengkapnya :

krjogja.com

Post Comment


9 + 7 =