24-parsel-bambu2-370x277
Bisnis Ekonomi

Bambooland, Pengembangan Bambu yang Dilaksanakan di Ngepring Sleman

Setidaknya ada 11 jenis tanaman bambu yang saat ini tumbuh subur di Sleman. Kondisi ini menjadikan Sleman menjadi wilayah yang cocok untuk pengembangan tanaman bambu untuk beragam manfaat.

Ketua Program Bambooland, Faruq Haqi mengatakan keragaman tanaman bambu ini juga didukung dengan antusiame masyarakat lokal untuk mendapatkan pelatihan pemanfaatan bambu. “Jumlahnya kurang lebih 11 jenis, antusiasme warga juga baik,” jelasnya ketika dimintai konfirmasi, Jumat (11/8/2017).

Adapun, Bambooland sendiri merupakan program kolektif yang akan dilaksanakan di Ngepring, Purwobinangun, Pakem enam bulan lamanya. Program yang akan dilakukan mencakup pembibitan dan penanaman bambu.

Selain itu, ada pula bimbingan untuk produksi bambu sebagai kerajinan kerai, besek, furnitur, dan interior. Ngepring dipilih karena potensi bambunnya yang cukup banyak untuk program yang berlandaskan semangat pemuliaan tanaman ini.

Selaras, Bupati Sleman, Sri Purnomo mengatakan pemerintah daerah sudah bersiap menjadikan bambu sebagai komoditas unggulan daerah. Salah satunay dengan penetapan bambu sebagai hasil hutan bukan kayu (HHKB) unggulan di Sleman lewat Surat Keputusan (SK) Bupati Sleman Nomor 306/Kep.KDH/A/2013.

“Sangat membanggakan jadinya jika Sleman dipilih menjadi pusat pengembangan bambu,” terangnya.

Baca Lengkapnya :

harianjogja.com

Post Comment


3 + 5 =